3 Tempat Wisata di India

Tahun 2013 ini, Industri pariwisata India sedikit terguncang karena beberapa kasus kekerasan yang menimpa wanita dan wisatawan di negeri tersebut. Sebagian negara bahkan menganggap India tidak aman bagi wisatawan. Namun benarkah demikian? Musibah, kecelakaan, atau aksi kriminalitas sebenarnya bisa terjadi di mana saja, bukan cuma India. Dibalik gembar-gembor kasus yang menyurutkan pariwisata India, terdapat banyak sekali tempat mengagumkan di India yang keindahan dan kemegahannya tak akan tersamarkan oleh kasus apapun di negeri tersebut.

Berikut ini ada 3 tempat wisata yang sangat menakjubkan di India :

1. Taj Mahal

Taj Mahal

Banyak orang akan protes jika Taj Mahal tidak menempati urutan pertama dalam daftar tempat wisata terbaik di India. Anggota dari 7 keajaiban dunia yang lama ini tidak hanya populer karena bentuk bangunannya yang megah dan desainnya yang indah, tetapi juga karena sejarah pembangunannya yang romantis. Bangunan yang kental dengan gaya arsitektur Persia dan India tersebut dibangun oleh Maharaja Shah Jahan dari kerajaan Mughal untuk memperingati kematian istri yang begitu dicintainya, Mumtaz Mahal. Dari nama sang istri itulah, nama Taj Mahal berasal. Taj Mahal berlokasi di kawasan Agra, Uttar Pradesh, India.

2. Harmandir Sahib

Harmandir Sahib

Mungkin banyak yang kurang familiar dengan nama Harmandir Sahib. Tapi, itulah nama resmi untuk Kuil Emas Amritsar yang begitu populer di kalangan wisatawan di India. Harmandir Sahib merupakan tempat suci bagi agama Sikh yang dibangun pada abad ke-16 oleh sikh guru ke-5, Guru Arjan. Kuil ini kerap disebut sebagai Golden Temple (Kuil Emas) karena bagian luar dan atasnya dilapisi dengan emas. Terletak di tepi sungai suci yang dikenal dengan nama Sarovar, Harmandir Sahib memantulkan bayangan keemasan yang cantik, terutama di malam hari. Setiap pengunjung yang datang ke Harmandir Sahib harus menjaga kesucian tempat dengan melepas alas kaki, tidak merokok, dan tidak mengonsumsi daging dan minuman berlakohol di sekitar kuil.

3. Kuil Jain Ranakpur
Kuil Jain RanakpurKuil Jain Ranakpur menjadi destinasi terfavorit ke-6 di India berkat desainnya yang unik. Tempat suci bagi kepercayaan Jainisme ini terbuat dari marmer berwarna cerah di atas lahan seluas 60 x 62 meter. Bagian bawah kuil ditopang oleh sekitar 1.444 tiang yang dihias dengan ukiran-ukiran indah. Tak ada satu tiangpun yang memiliki ukiran sama. Daya tarik lainnya dari Kuil Jain di Ranakpur adalah keberadaan patung-patung sakral yang saling berhadapan. Salah satu patung paling istimewa di kuil ini berbentuk 108 kepala ular dengan beberapa ekor buntut. Kepala dan badan patung ular dari marmer tersebut saling membelit hingga sulit menemukan pasangan kepala ular dan ekornya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *