4 Tips Aman Menikmati Kuliner Nusantara

ArtikelWisata.com – Banyak orang yang memiliki jadwal liburan diiringi dengan keinginan untuk menjelajahi kekayaan kuliner khas daerah yang dikunjungi. Terlebih Indonesia yang merupakan negara kepulauan membuat jenis makanan khas sangat beragam. Penggunaan rempah yang berlimpah dan bahan-bahan yang tidak pernah diolah di daerah sendiri. Membuat kegiatan wisata kuliner bisa semakin kalap, dan banyak yang merasa adanya gangguan kesehatan. Maka sangat penting untuk memperhatikan jenis makanan khas yang menarik hati sebelum disantap.

Keinginan untuk menjelajahi kekayaan kuliner di lokasi wisata sebenarnya tidak melulu berdampak buruk bagi kesehatan. Asalkan tahu caranya, keinginan memanjakan lidah tidak akan membuat tubuh kelimpungan. Berikut tips mudah yang bisa dicoba:

1. Mencari referensi tempat makan terbaik, mulai melihat dari jenis menu sehat yang ditawarkan.
2. Memilih tempat makan yang ramai pengunjung, hal ini menunjukkan dua kemungkinan, yakni harga murah atau rasanya lezat, atau keduanya.
3. Pastikan lingkungan rumah makan tersebut bersih.
4. Ketahui jenis makanan yang dihidangkan terutama bahan utamanya.

Beberapa daerah menawarkan kuliner khas yang pedas hingga berkuah santan kental, yang cenderung kurang ramah untuk kesehatan tubuh. Meskipun demikian Anda bisa mencoba dalam porsi yang tentunya lebih kecil agar tidak berdampak buruk. Selingi wisata kuliner Anda dengan mencoba hidangan yang segar dan sehat. Menikmati kuliner khas nusantara jika dilakukan dengan bijak maka kesehatan tubuh akan tetap terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *