Air Terjun Babi di Tidore

kota tidoreARTIKELWISATA.COM – Bila pendatang yang berkunjung ke kota Tidore dan mampir sejenak di salah satu wisata bernama Luku Celeng atau Ake Celeng tidak akan merasa heran karena wisata ini merupakan wisata air terjun yang terletak berdekatan dengan desa Kalaodi, salah satu desa di kota Tidore yang berada di ketinggian 650 dari permukaan laut.

Air terjun ini memiliki keunikan tersendiri. Karena ketinggian air terjun yang sedang dan debit air yang tidak terlalu besar Ake Celeng sering disebut air terjun mini. Di sekitaran air terjun terdapat bebatuan yang melingkar hingga membuat pemadangan di bawah air tejun Ake Celeng terlihat seperti mangkuk yang sedang menampung air.

Arti dari ake celeng oleh warga Tidore adalah air babi. Karena letak ake celeng berada di pegunungan Kie Matubu, muncullah presepsi bahwa genangan di bawah air terjun biasanya dipakai untuk tempat mandi dan minum sekelompok babi hutan.

Namun bila ditelaah melalui arti sebenarnya ake celeng memiliki arti air dingin, karena celeng dalam bahasa Tidore adalah dingin bukan babi. Pendapat inilah yang sering membuat beberapa pengunjung enggan untuk menyentuh air terjun karena takut terkena air liur atau bahkan kencing babi.

Jika Anda berkunjung ke Tidore, sempatkanlah waktu untuk mampir di ake celeng. Jangan takut bila Anda tida memiliki waktu untuk menyiapkan bekal, karena tak jauh dari wisata ake celeng terdapat warga Kalaodi yang menjual nasi kuning khusus buat para pengunjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *