14 Bantahan Ditjen Perhubungan Udara Tentang Laptop & HP Dilarang Masuk Kabin Pesawat

Laptop dan HP Dilarang Masuk Kabin Pesawat
Reportase salah satu televisi berita swasta di Indonesia membuat geger dunia maya, berita yang viral di sosmed tersebut mengabarkan peralatan elektronik seperti telpon genggam ataupun komputer jinjing yang dianggap tidak aman tidak dizinkan dibawa ke dalam kabin pesawat, hal ini diamini oleh KABID Pelayanan Bandara International Kualanamu yang menjadi narasumber, ia menjelaskan tentang surat edaran no3 tahun 2017 yang disahkan Ditjen Perhubungan Udara pada tanggal 30 maret 2017.

Namun melalui akun twitter @djpu151, Ditjen Perhubungan Udara membantah informasi tentang larangan membawa peralatan elektronik termasuk laptop dan handphone yang dianggap berbahaya. Selain 14 cuitan bantahan, Ditjen Hubud juga menerbitkan artikel Indonesia Tidak Melarang Penumpang Bawa Laptop Dan HP ke Kabin Pesawat.

Berikut ini bantahan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara yang ditwit oleh @djpu151:

1. #SobatAviasi, Kami akan menjawab pertanyaan terkait aturan tentang pemeriksaan di Bandara yang lebih diperketat.

2. Kami ingin menegaskan bahwa dalam aturan tersebut TIDAK ADA larangan untuk membawa laptop/gadget ke dalam kabin pesawat.

3. Barang elektronik yang akan dibawa penumpang ke dalam pesawat terbang harus diperiksa dengan ketat dengan X-ray dan juga secara manual.

4. Laptop dan barang elektronik lainnya dengan ukuran yang sama harus dikeluarkan dari tas / bagasi dan diperiksa melalui mesin x-ray.

5. Namun jika dalam pemeriksaan menggunakan mesin X-Ray tersebut masih membuat ragu X-Ray operator, baru akan dilakukan pemeriksaan manual.

6. Pemeriksaan barang elektronik secara manual yang akan dilakukan petugas adalah dengan langkah-langkah sebagai berikut:

7. Pemeriksaan manual: A. Calon penumpang/pemilik barang harus menghidupkan perangkat elektronik tersebut.

8. Pemeriksaan manual: B. Calon Penumpang / Pemilik barang elektronik akan diminta mengoperasikan perangkat elektronik tersebut.

9. Pemeriksaan Manual: C. Personel keamanan penerbangan akan mengawasi dan melihat hasil pemeriksaan dari perangkat tersebut.

10. Pemeriksaan manual yang lebih diperketat seperti ini dilakukan tidak lain untuk menjaga keamanan bersama dalam penerbangan.

11. Karena keamanan penerbangan merupakan satu kesatuan dengan keselamatan penerbangan.

12. Jadi sekali lagi, TIDAK ADA larangan membawa laptop atau perangkat elektronik ke kabin pesawat. Pemeriksaanya saja yg lebih diperketat.

13. Tidak perlu khawatir ya #SobatAviasi, peningkatan keamanan ini dilakukan agar penerbangan kita selalu #SelamatAmanNyaman #Selamanya

14. #SobatAviasi, Untuk lebih jelasnya tentang aturan ini, silahkan baca artikel berikut ini:https://www.facebook.com/notes/direktorat-jenderal-perhubungan-udara-kemenhub-ri/indonesia-tidak-melarang-penumpang-bawa-laptop-dan-hp-ke-kabin-pesawat/1909582772622067

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *