Danau Tolire dan Kemistisannya

Danau Tolire

ARTIKELWISATA.COM – Pernahkah Anda melempar batu ke sebuah danau namun batu tersebut tak pernah menyentuh permukaan air danau? Jika Anda tidak pernah dan tidak percaya, maka Anda sebaiknya berkunjung ke danau Tolire. Danau ini terletak di kota Ternate, provinsi Maluku Utara. Dengan jarak sekitar sepuluh kilometer dari pusat kota, danau ini terletak di bawah kaki gunung gamalama.

Danau tolire terbagi menjadi dua, yaitu tolire kecil dan tolire besar dengan jarak antara ke duanya sekitar 200 meter. Masyarakat dan pelancong biasanya lebih sering mengunjungi danau tolire besar, karena dari atas danau Anda akan disuguhi pemandangan yang gunung gamalama yang indah.

Selain pemandangan, danau tolire juga dikenal dengan kesan mistisnya. Pengunjung yang melempar batu atau benda lainnya ke dalam danau tidak akan pernah menyentuh permukaan danau. Bila Anda tidak percaya, silakan berkunjung dan belilah batu kerikil yang dijual di sekitaran danau seharga Rp 1000 untuk lima buah batu. Danau dengan warna kuning-kecokelatan itu dipercaya warga sekitar merupakan tempat tinggal buaya putih yang merupakan penunggu danau.

Hingga saat ini belum ada satu pun warga yang berani menangkap ikan atau mandi di danau tolire besar. Karena bentuk danau tolire menyerupai baskom dengan kedalaman lima puluh meter. Beberapa warga juga percaya bahwa danau tolire besar tengah menunggu tumbal di setiap tahunnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *