Hutan Karst Rammang-Rammang, Cadangan Air Dunia!

gunung karst rammang-rammang
Hamparan bebatuan kapur diantara persawahan ini sungguh eksotis, gugusannya menciptakan ilusi hutan batu yang sangat indah. Bahkan hutan batu ini diklaim sebagai hutan batu karst kedua di dunia setelah hutan batu Shilin di provinsi Yunnan, Tiongkok.

Hutan batu yang umumnya dikenal dengan sebutan karst ini terletak di Dusun Rammang-Rammang, Desa Salenrang, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan dengan luas 4.500 hektare dan merupakan habitat alami flora dan fauna di kabupaten Maros dan Kabupaten Pangkep.

Keindahan hutan batu Rammang-Rammang sering dibandingkan dengan keindahan hutan batu Shilin di Tiongkok dengan beberapa lanskap karst menjulang tinggi.

rammang-rammang

Untuk menuju objek wisata Rammang-Rammang ini dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua dari semua kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan, jika Anda yang berkunjung dari luar Sulawesi Selatan lebih mudah lagi jika Anda menggunakan jalur udara karena Hasanuddin International Airport berada di perbatasan Makassar-Maros dan via laut waktu tempuh dari pelabuhan Soekarno Hatta ke Rammang-Rammang hanya sekitar 1 jam.

Dibalik keindahan hutan batu Rammang-Rammang juga tersimpan cadangan air yang sangat berlimpah, sifat karst yang menyimpan air juga dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai sumber air terutama saat musim kemarau, air yang berasal dari hutan batu ini dimanfaatkan masyarakat untuk keperluan minum, memasak, mencuci dan sebagainya.

One Reply to “Hutan Karst Rammang-Rammang, Cadangan Air Dunia!”

  1. The exspetire shines through. Thanks for taking the time to answer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *