Keliling Makassar Dengan Angkutan Umum

Berwisata ala backpacker kini nampaknya sedang menjadi tren di kalangan mereka yang gemar travelling, untuk itu pengetahuan tentang angkutan umum atau sarana transportasi publik tentunya menjadi bekal penting bagi mereka yang ingin berwisata nyaman dan aman dengan dana secukupnya. Berikut sedikit informasi mengenai sarana transportasi yang ada di kota Makassar, siapa tahu berguna untuk anda.

Pete-pete

Angkot di MakassarMerupakan kendaraan sejenis mikrolet yang biasanya menggunakan Daihatsu Zebra atau Suzuki Carry. Dalam bahasa Makassar, “pete-pete” sesungguhnya bermakna uang logam receh. Kabarnya bahasa ini digunakan karena dahulu orang-orang menggunakan uang logam receh untuk membayar, sehingga kemudian angkutan ini dinamakan pete-pete.

Tarif untuk rata-rata perjalanan menggunakan pete-pete berkisar antara Rp. 3000, kendaraan ini merupakan jenis angkutan umum yang paling banyak beredar di Makassar. Jam operasinya mulai pukul 05:00 hingga pukul 24:00. Seperti halnya yang kerap terjadi di kota-kota besar, sebaiknya jika ingin aman menggunakan angkutan ini harus cermat memilih pete-pete, jangan naik apabila sepi dan harus lebih waspada pada malam hari. Pete-pete di Makassar rata-rata berwarna biru muda serta menggunakan kode huruf dan angka untuk pembagian trayeknya.

Becak

Seperti halnya di tanah Jawa, becak juga merupakan salah satu alat transportasi yang berkembang di kota Makassar. Bentuknya tak beda jauh kecualiukurannya yang sedikit lebih ramping. Pengemudi becak di Makassar biasanya juga dipanggil dengan “Daeng” atau “Daeng Becak” seperti panggilan pada umumnya yang popular di kota ini. Untuk tariff becak tidak punya patokan khusus melainkan sangat bervariasi tergantung daya tawar menawar kita dengan “daeng becak” yang bersangkutan dalam kaitannya dengan jarak tempuhnya.

Umumnya, becak di kota ini hanya digunakan untuk transportasi jarak dekat, sekitar 2-5 KM dengan tariff berkisar antara Rp. 5000-10.000. Namun sekali lagi tentunya ini tergantung dengan daya tawar menawar, biasanya jika terlihat sebagai pendatang/wisatawan, harga akan dipatok lebih mahal.

Bentor

Bentor merupakan singkatan dari Becak Motor yang merupakan alat transportasi yang terbilang baru di wilayah Makassar. Bentuknya becak namun pengendaranya menggunakan motor. Berbeda dengan biasa yang ditemukan di wilayah Sumatra, bentor di wilayah Sulawesi mendudukan penumpangnya di bagian depan. Oleh karena itu selalu waspada, apalagi jika sang pengemudi tampak ugal-ugalan dalam mengendarai motornya.

Sekelumit informasi tersebut harapannya bisa menambah pengetahuan anda akan moda transportasi yang ada di kota Makassar, selalu berhati-hati dalam perjalanan dan bijak memilih moda transportasi bisa menjadi kunci perjalanan wisata anda tetap aman dan nyaman. Selamat berwisata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *