Melirik Seribu Anak Tangga di Soasio

Seribu Anak Tangga di SoasioARTIKELWISATA.COM – Bila Anda memiliki uang kertas seribu perhatikanlah di gambarnya, terdapat dua gunung yang saling berhadapan. Salah satu dari gunung tersebut bernama Kie Matubu dan terletak di kota Tidore. Soasio adalah ibukota Tidore.
Sebelum resmi menjadi ibukota sempat terjadi peperangan antar desa dalam merebutkan gelar ibukota ini. Peperangan ini memakan banyak korban dan mengakibatkan jalur transportasi terhalang selama beberapa bulan.

Di perbatasan desa Soasio dan desa Seli terdapat sebuah tempat wisata yang diberi nama Benteng Portugis.
Benteng ini didirikan di atas bukit, dan untuk mencapai ke benteng ini harus menaiki tangga-tengga dengan kemiringan hampir mencapai sembilan puluh derajat. Warga di sekitar desa Soasio menyebutnya dengan sebutan tangga-tangga seribu dikarenakan banyakya anak tangga. Namun bila dihitung anak tangga untuk mencapai benteng Portugis ini hanya mancapai sekitar dua ratus.

Di sekitaran benteng Portugis terdapat perkebunan warga dan tempat santai yang dibangun pemerintah. Konon katanya salah satu warga yang memiliki perkebunan di sekitaran benteng pernah melihat ular sebesar batang pohon kelapa. Hingga sekarang cerita itu belum bisa dipastikan kebenarannya.

Di benteng portugis terdapat satu pintu masuk yang ujungnya terhalang tembok besar. Selain perkebunan dan tempat santai, terdapat empat makam sesepuh Soasio yang dimakamkan tepat di samping tempat santai. Makam itu sering dikunjungi para pelancong dari luar kota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *