Mencicipi Kuliner Solo Jawa Tengah

ArtikelWisata.com – Solo menjadi tempat wisata di Jawa Tengah bagi yang ingin mencari suasana Kejawen kental. Namun tidak hanya budayanya saja, Solo menyimpan banyak sekali harta kuliner yang lezat, yang sayang sekali jika dilewati. Banyaknya kuliner yang beredar ditambah harganya yang sangat bersahabat membuat Solo menjadi kota yang patut menjadi tujuan wisata kuliner.

Kalau Anda berjalan-jalan ke Solo, sediakanlah waktu untuk mencicipi makanan di bawah ini:

1. Selat Solo
Mencicipi Kuliner Solo Jawa Tengah
Diadaptasi dari salad dan steak ala barat sejak zaman dahulu. Sayuran segar seperti buncis, wortel, ditambah irisan daging tebal, telur dan kentang, dituangi kuah yang segar dan gurih.

2. Nasi Liwet
Nasi Liwet
Nasi gurih ditambah dengan sayur labu siam pedas, ayam suwir, telur pindang, dan disiram kuah santan yang kental, disajikan dengan daun pisang.

3. Tengkleng
Mencicipi Kuliner Solo Jawa Tengah
Tengkleng adalah masakan mirip gulai kambing, namun menggunakan bahan-bahan seperti tetelan tulang kambing dengan daging, jeroan, dan semua bagian kambing yang sudah dipotong kecil-kecil dan masih melekat.

4. Cabuk Rambak
Ketupat dengan bumbu sambal kacang dari bahan wijen, santan, cabai, bawang putih, dan gula merah. Sungguh lezat dan terasa di lidah. Ayo buruan segera ke solo lalu menikmati kuliner khas solo.

Selain makanan-makanan di atas, Solo masih menyimpan banyak lagi makanan lain yang lezat. Contohnya adalah sate kere yang dibuat dari bahan tahu gembus, sate buntel yang dibuat dari daging kambing cacah dan dibungkus lemaknya, dan makanan khas Jawa yang lain. Anda akan dengan mudah menjumpai penjaja makanan lezat ini di setiap sudut Kota Solo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *