Mengenal Kuliner Khas Yogyakarta

ARTIKELWISATA.COM –  Yogyakarta merupakan salah satu kota yang memiliki daya tarik wisata yang kuat karena mempunyai berbagai tempat andalan yang terkenal di Indonesia.

Selain itu, yang tidak kalah menarik dari kota yang satu ini adalah ragam kuliner khas yang sangat nikmat dan memanjakan lidah. Jika anda berkunjung ke Yogyakarta, tentu berwisata kuliner dan memburu makanan khas di sana menjadi agenda yang penting dan wajib anda lakukan.

Dengan demikian, anda akan lebih mengenal kuliner asli yang ada di kota tersebut sekaligus mengetaui cita rasa kuliner yang khas dari Yogyakarta.

Beberapa makanan khas yang harus anda coba diantaranya yaitu:

1. Gudeg

gudeg jogja
Siapa yang tak kenal gudeng? Makanan yang kaya rasa ini adalah salah satu kuliner paling terkenal dari Yogyakarta. Terbuat dari nangka yang dimasak dengan santan hingga empuk lalu ditambahkan dengan gula aren sehingga warnanya kecoklatan.

Rasanya gurih dan manis. Semakin lengkap dan nikmat bila disantap dengan sepiring nasi putih hangat serta suwiran ayam, sayur krecek dan telur rebus. Gudeg bisa anda temukan di pinggir jalan setiap pagi karena selalu laris dijadikan sarapan bagi masyarakat di Jogja.

2. Tiwul
tiwul jogjaSeperti makanan khas Jogja lain yang didominasi dengan rasa manis, tiwul juga memiliki cita rasa yang serupa. Bedanya, makanan khas yang satu ini terbuat dari singkong dan ditaburi parutan kelapa. Jaman dulu, makanan ini dianggap sebagai penganan yang menggambarkan kemiskinan karena kesulitan dalam memperoleh makanan pokok. Namun jangan khawatir, saat ini tiwul sudah menjadi makanan khas Jogja yang bisa dinikmati siapa saja, bahkan sering dijadikan oleh-oleh khas dari Jogja.

3. Bakpia
Makanan khas yang sangat identik dan menjadi salah satu kuliner Jogja lainnya yaitu bakpia. Makanan berisi kacang hijau ini memiliki rasa manis dan dilapisi dengan adonan tepung terigu yang cukup kering. Selain berisi kacang hijau, bakpia juga sudah mempunyai varian rasa yang lain, yaitu coklat dan keju.

Salah satu bakpia yang paling banyak dicari dan selalu digemari warga Jogja maupun wisatawan adalah Bakpia Pathok. Itulah yang membuatnya tak pernah ketinggalan untuk dijadikan buah tangan asli dari Jogja.

Selain ketiga jenis makanan khas Jogja tadi, anda juga perlu mencoba makanan lainnya yang tersohor di sana. Salah satunya yaitu geplak. Penganan sejenis kue yang satu ini sangat menarik karena memiliki warna yang sangat beragam. Rasa manisnya sangat kental karena hanya terbuat dari parutan kelapa dan gula.

Selain itu, ada juga kuliner lainnya yang jarang tersorot wisatawan namun harus anda kenali dan cicipi jika berkunjung ke Jogja, yaitu kipo. Kue khas Jogja ini terbuat dari adonan ketan yang berpadu dengan nangka lalu diisi dengan gula merah dicampur kelapa yang manis dan gurih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *