Mengenal Wisata Kuliner dari Kalimantan Tengah

juhu umbut
Pulau Kalimantan merupakan salah satu pulau terbesar yang ada di Indonesia yang memiliki beberapa provinsi, salah satunya adalah Kalimantan Tengah.

Provinsi yang memiliki ibukota di Palangkaraya ini memiliki beberapa makanan khas yang dapat Anda coba ketika berkunjung ke tempat ini. Diantara makanan-makanan tersebut, terdapat kuliner yang termasuk dalam makanan asli suku dayak.

Makanan khas yang pertama adalah juhu umbut rotan. Agak aneh terdengar jika baru pertama mendengarnya. Makanan yang merupakan masakan dari suku Dayak ini memiliki nama lain yaitu uwut Nang’e.

Makanan ini menggunakan bahan dasar rotan muda yang dibersihkan dari kulitnya lalu dipotong kecil. Umbut rotan ini biasanya dimasak dengan terong asam dan ikan baung. Rasanya asam, gurih, manis ikan dan agak pahit dari rotan.

Makanan khas dari Kalimantan Tengah, diantaranya yaitu:

Juhu Umbut Sawit juga merupakan makanan khas suku Dayak yang sering dihidangkan saat acara-cara tertentu seperti syukuran.

Karuang atau kalumpe yaitu masakan dari singkong yang ditumbuk halus kemudian dicampur dengan terong pipit atau terong kecil. Bumbu yang digunakan adalah bawang merah, bawang putih, lenguas yang dihaluskan, serai dan cabai jika ingin. Dapat disajikan dengan sambal terasi.

Bangamat atau paing terbuat dari kalong atau kelelawar besar. Makanan ini juga termasuk makanan khas suku Dayak. Biasanya dimasak dengan sayur hati batang pisang atau dengan sulur keladi.

Baca jUga : (Mengenal Kuliner Khas Yogyakarta)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *