Pallubasa: Kuliner Khas Makassar Selain Coto dan Sop Saudara

Satu lagi makanan khas Makassar yang terbuat dari daging. Bentuknya kurang lebih sama seperti Sop Saudara yakni hidangan berkuah yang berisi daging dan jeron sapi serta mie laksa dan biasanya dimakan dengan nasi putih. Namun bedanya Pallubasa hanya berisi daging tanpa jeroan serta kuahnya ditambah dengan kelapa parut yang telah digoreng. Daging Pallubasa jauh lebih lembut dibandingkan dengan Sop Saudara dan Coto.

Pallubasa, Makanan Khas Makassar

Salah satu yang cukup terkenal adalah Pallubasa Serigala dimana warung sederhana ini memiliki peminat yang luar biasa. Biasanya ketika anda makan di warung ini, antrian pelanggan lainnya juga sudah mengular di luar warung menanti giliran untuk makan. Berlokasi di Jl. Serigala tepatnya di pertigaan Jl. Singa. Dari lapangan Karebosi atau Pasar Sentral anda bisa naik pete-pete jurusan Veteran (Kode F), lalu turun di Jalan Singa dan berjalan sedikit untuk menuju warung Pallubasa Serigala ini. Adapun harga yang dibanderol untuk semangkuk Pallubasa lengkap dengan alas (telur ayam mentah yang akan menjadi setengah matang oleh kuah) anda cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp. 13.000.

Lainnya, anda juga bisa menikmati Pallubasa di bilangan Jl. Onta Lama, tepatnya di ujung dekat pertigaan dengan jalan Veteran Selatan. Warung Pallubasa yang sering disebut dengan Pallubasa Onta ini juga tak kalah banyak penggemarnya. Nah, mana yang paling nikmat, itu tergantung selera anda, sementara harga yang ditawarkan relatif sama yakni Rp. 13.000 per porsinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *