Sego Cawuk, Kuliner Pesisir Banyuwangi

Kuliner khas indonesiaARTIKELWISATA.COM- Banyuwangi, merupakan kota yang terletak di ujung Jawa Timur ini mempunyai beragam kuliner khas yang wajib anda cicipi. Salah satunya sego cawuk. Sego cawuk merupakan salah satu kuliner khas Banyuwangi yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Makanan pembuka aktivitas atau sarapan ini disajikan dengan kuah pindang yang khas kota Banyuwangi.

Sego cawuk banyak ditemui di sudut pesisir Banyuwangi. Terutama di daerah kampung melayu, dan mandar, dekat pelabuhan Boom. Sebenarnya, konsep makanan yang disajikan sangatlah sederhana. Tetapi, rasanya yang sangat membuat lidah anda bergoyang. Sebab, kuliner khas Banyuwangi ini bukan hanya menyajikan rasa gurih karena kuah pindangnya melainkan, juga ada perasan jeruk sambal dan potongan timun kecil yang membuat makanan ini cocok disajikan untuk sarapan.

Campuran kuah pindang, cacahan timun, jagung bakar, dan parutan kelapa membuat kelenjar saliva Anda terus mendesir ketika menghirup aromanya. Apalagi, jika ditambah dengan pepes ikan tuna, dan telur pindang atau telur asin dapat menambah selera makan Anda.

Sebenarnya ada dua kuah yang berbeda yang dicampur menjadi satu. Jika kuah yang pertama hanyalah kuah pindang dengan bumbu asam jawa, daun salam atau daun jambu dan garam. Lain lagi dengan bumbu kuah parutan kelapa, cacahan timun, dan juga jagung bakar, bumbu pada kuah ini yakni bawang putih, bawang merah, cabai, dan juga kemiri.

Di warung Mbak Ali yang terdapat di Jalan Panjaitan No. 28 ini, tidak hanya menjual menu makanan sego cawuk saja. Melainkan juga menu jajanan khas Banyuwangi lainnya, seperti gethuk pisang, cenil, ketan, lapis, lanun dll. Harga yang ditawarkan sego cawuk ini sangatlah murah, hanya Rp. 4000 saja. Bukan hanya itu, jajanan tradisionalnya juga murah, yakni hanya Rp. 500 saja.

Tapi, jangan salah jika warung milik mbak ali ini, banyak di datangi oleh pembeli. Malah satu orang yang mengantri membeli 5 sampai sepuluh bungkus, bisa-bisa Anda kalau tidak datang pagi, maka Anda hanya bisa menelan ludah. Karena sudah kehabisan. Penasaran? Yuk ke Banyuwangi – Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *