Tips Memilih Pesawat Saat Liburan

Pesawat terbang merupakan salah satu pilihan transportasi yang diminati banyak orang terutama dalam menjangkau tempat tujuan yang cukup jauh, dengan beragam maskapai yang tersedia, para penumpang diberikan kebebasan memilih pesawat mana yang akan digunakan. Apakah itu berdasarkan pelayanan, tarif, sistem atau prestige tertentu. Berikut tips dari kami untuk membeli tiket pesawat:

1. Pesanlah tiket pesawat jauh hari sebelum anda melakukan poerjalanan. Harga tiket pesawat on the spot biasanya lebih mahal. Tiket promo biasanya di jual sekitar 2 – 3 bulan sebelum tanggal keberangkatan bahkan ada maskapai yang melakukan pre sale untuk penerbangan tahun berikutnya.

2. Biasanya terdapat 2 kelas harga tiket pesawat, yaitu First Class/Bussines Class dan Economy Class

3. Yang perlu anda ketahui terdapat 2 tipe airline yang dapat dipilih, yaitu Low-Cost Carrier dan Legacy Carrier

4. indari membeli tiket pada saat high seasons (musim liburan) seperti libur sekolah, libur hari raya, libur akhir tahun, atau long weekend.

5. Perhatikan rute penerbangan anda, terdapat direct flight dan transit flight (untuk penerbangan jauh). Harga tiket direct flight agak lebih mahal daripada transit flight (1/2 stop).

6. Lakukan booking (pesan) tiket pesawat dengan memberikan nama yang sesuai dengan KTP/SIM/Paspor, tujuan dan tanggal keberangkatan anda. Nama yang tertera pada tiket harus sama dengan yang ada di KTP/SIM/Paspor anda.

7. Dengan teknologi internet, booking (pesan) tiket online memberi kemudahan kepada travel agent untuk mencek harga dan ketersediaan seat secara real-time. Beberapa travel agent memberikan harga lebih murah daripada anda membeli langsung di maskapai penerbangannya. Pilihlah travel agent yang terpercaya.

8. Periksa kembali data2 anda dengan benar dan lakukan pembayaran sebelum batas waktu yang diberikan habis atau anda harus memesan dari awal kembali.

9. Datanglah ke Bandara minimal 2 jam sebelum waktu keberangkatan. Beberapa bandara Internasional bahkan memberlakukan waktu maksimal 60 menit yang mengharuskan anda melakukan check in, bila terdapat fasilitas web check in gunakan sebaik mungkin.

10.Sekarang ini maskapai penerbangan memberlakukan E-Ticket yaitu tiket yang berada di sistem komputer masing2 airline dan penumpang diberikan e-mail yang berisi kode booking, nama, tujuan, waktu keberangkatan dan kelas tiket anda. Tunjukan tiket dan kartu identitas kepada petugas bandara dan counter check in maskapai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *