Wisata Museum Kota Makassar

“Bangsa yang besar adalah bangsa bangsa yang tak pernah melupakan sejarahnya” kira-kira itulah sepenggal kalimat yang mampu memotivasi kita untuk mau bertandang ke Museum, karena sesungguhnya di Museum kita tak hanya akan mengenang sejarah melainkan juga menemukan hal yang unik dan menarik dari peninggalan sejarah yang tersisa.

museum kota makassar

Museum Kota Makassar berlokasi di jantung kota Makassar, tepat di sebelah gedung Balai Kota. Bangunan museum ini dibangun pada masa kolonial Belanda sekitar 1916, namun baru diresmikan penggunaannya sebagai museum pada 7 Juni 2000 oleh Gubernur Sulsel H.Z.B Palaguna dan pemrakarsanya Walikota Makassar H.B Amiruddin Maula.

Pada zaman kolonial belanda bangunan ini digunakan sebagai kantor perwakilan Hindia Belanda yang berkedudukan di Makassar. Gedung ini juga pernah digunakan sebagai kantor walikota Makassar oleh Mr. D.J. Hambrink, walikota pertama Makassar pada 1918-1927.

Museum ini memiliki berbagai koleksi benda-benda arkeologi serta foto dan dokumen yang berkaitan dengan Makassar pada masa lampau. Anda bisa menyaksikan foto-foto mantan walikota Makassar dari masa ke masa di tempat ini lengkap dengan tahun jabatannya masing-masing.

wisata museum kota makassar

Selain itu terdapat pula seperangkat lengkap dekorasi dan busana pengantin khas Makassar lengkap dengan miniatur patungnya. Terdapat pula perlengkapan seperti kamera, sepeda, peta-peta wilayah, alat musik tradisional hingga patung-patung aneka rupa yang kental dengan nuansa tempo dulu.

Untuk memasuki museum ini anda tidak akan dikenakan biaya apapun, hanya saja anda akan diarahakan untuk mengisi buku tamu yang disediakan di bagian penerimaan tamu. Museum ini dibuka pada hari kerja yakni Selasa hingga Jumat mulai pukul 08.00 WIB serta hari Minggu pada jam yang sama, sementara pada hari Senin dan Sabtu, museum ini ditutup. Jika tertarik bertandang, lokasi museum ini tak jauh dari lapangan karebosi, tepatnya di Jl. Balaikota no.11

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *