Wisata Pulau Sembilan di Kabupaten Sinjai

Pulau Sembilan merupakan nama untuk kawasan yang terdiri dari 9 Pulau yang berada di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, Indonesia. Setiap pulau di kawasan ini sebenarnya memiliki nama masing-masing yaitu: Pulau Burungloe, Pulau Liang liang, Pulau Kambuno, Pulau Kodingare, Pulau Batanglampe, Pulau Katingdoang, Pulau Kanalo 1, Pulau Kanalo 2 dan Pulau Larearea.

Sebenarnya di kawasan pulau Sembilan ada 10 Pulau namun entah kenapa Pulau itu tidak masuk dalam daftar kecamatan Pulau 9. Pulau yang oleh masyarakat Pulau 9 diberi nama Pulau Lafoifoi merupakan Pulau yang unik karena pulau kecil dengan pasir yang indah itu hanya terdapat batu karang dan satu pohon. Dari 9 Pulau yang ada di Pulau Sembilan hanya 1 Pulau yang tidak berpenghuni.

Selama berkeliling di Pulau Sembilan anda akan menjumpai tempat budidaya ikan kerapu, rumput laut dan kapal-kapal nelayan yang parkir di tengah laut selain itu anda juga bisa menikmati keindahan bawah laut Pulau Sembilan dengan snorkeling dan menyelam (di Pulau Sembilan tidak ada tempat penyewaan alat Snorkeling dan alat selam).

Pulau Burungloe

Pulau BurungloePulau Burungloe merupakan pulau tertinggi diantara pulau yang lain, Pulau ini bahkan bisa terlihat saat kita memasuki Kabupaten Sinjai dari arah Kabupaten Bulukumba. Di Pulau Burungloe terdapat sumur air tawar yang sangat unik karena saat air pasang sumur itu terendam oleh air laut namun saat air surut, air di sumur itu tetap terasa tawar.

Menurut informasi yang saya dapat dari masyarakat di Pulau Burungloe, konon Pulau Burungloe mengandung minyak bumi.

Pulau Kambuno

Pulau KambunoPulau Kambuno adalah kota kecamatan dari Pulau Sembilan, di Pulau ini terdapat kantor kecamatan dan kantor polisi selain itu di Pulau ini juga terdapat Tower untuk jaringan telekomunikasi, jadi anda tidak perlu khawatir tentang sinyal handphone saat berada di Pulau Sembilan.

Pulau Kanalo 1 dan Pulau Kanalo 2

Pulau Kanalo 1Di Pulau Kanalo ini saya singgah cukup lama, Pulau Pulau Kanalo 1 dan Pulau Kanalo 2 dihubungkan oleh sebuah jembatan yang sangat panjang, di jembatan itu anda bisa menyaksikan pemandangan yang sangat indah. Selain untuk mengambil gambar saya juga sempat merasakan ingin buang air kecil di Pulau ini. Saya akhirnya mencari toilet di Mesjid namun saya tidak menemukan toilet lalu saya ke sebuah Sekolah Dasar namun lagi-lagi saya tidak menemukan toilet.

Pulau Kanalo 2Akhirnya saya memberanikan diri untuk numpang di toilet rumah warga, pemilik rumah mengizinkan dan menunjukkan satu ruangan di rumahnya yang sepertinya tempat untuk mandi dan mencuci namun saya tidak menemukan toilet tapi saya tetap menggunakan prinsip “tak ada tali akar pun jadi”.

Mengenai toilet itu anda tidak perlu khawatir karena anda bisa menemukan toilet umum di Pulau Burungloe atau Pulau Kambuno sebelum melanjutkan perjalanan.

Pulau Larearea

Pulau LareareaPulau Larearea satu-satunya pulau yang tidak berpenghuni di kawasan Pulau Sembilan, anda bisa menikmati desiran ombak serta melihat semua Pulau di kawasan Pulau Sembilan dari Pulau Larearea. Pulau ini memang menjadi tujuan wisata masyarakat sekitar saat menjelang Puasa dan Setelah Lebaran.

Akomodasi

Jarak ke Pulau Sembilan dari Pelabuhan Lappa di Kota Sinja sekitar 9 Mil yang dapat ditempuh menggunakan perahu motor selama 1 jam atau speed boat dengan waktu lebih singkat yaitu 20 menit. Biaya sewa (untuk keliling Pulau Sembilan) perahu motor sekitar 300 ribu rupiah dan 500 ribu rupiah untuk speed boat. Khusus di hari raya (seperti Idul Fitri dan Idul Adha) biaya sewa perahu motor dan Speed Boat akan naik menjadi 500-700 ribu rupiah, itupun jika anda bisa menemukan perahu motor yang beroperasi.

Di kawasan Pulau Sembilan belum ada resort atau penginapan, jika anda ingin mengelilingi semua pulau yang ada di Pulau Sembilan sebelum matahari terbenam sebaiknya anda berangkat di pagi hari.

One Reply to “Wisata Pulau Sembilan di Kabupaten Sinjai”

  1. boleh juga jalan2 ke sana akhir tahun ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *